Kongres Ulama Perempuan Indonesia (KUPI) rencananya akan digelar pada 25-27 April mendatang di Pondok Pesantren Kebon Jambu, Babakan Ciwaringin Cirebon.

Badriyah Lc, sebagai Ketua Steering Committee (SC) mengatakan KUPI merupakan forum silaturahmi ulama perempuan yang tidak mengandalkan ketokohan personal tertentu dan tidak untuk menghasilkan kepengurusan organisasi atau untuk menjadi ormas tetapi sebagai ruang perjumpaan dari berbagai latar belakang organisasi keislaman, latar belakang pendidikan baik perguruan tinggi formal maupun no formal. “Ulama perempuan akan berkumpul dari bebagai latar belakang organisasi keislaman, pendidikan tinggi formal maupun nonformal”, tuturnya.

Badriyah menambahkan Islam mencatat bahwa ulama perempuan telah menjadi bagian dari setiap perkembangan Islam, hal ini berawal dari sikap Nabi Muhammad SAW. yang menghormati perempuan dan member jalan kebebasan bagi mereka, “tetapi di Indonesia juga dipengaruhi oleh konteks geopolitik, budaya dan proses asimiliasi Islam dengan budaya lokal”, pungkasnya. (Soe)

 

Sumber: http://globalnews.co.id/2017/04/09/peran-ulama-perempuan-meneguhkan-nilai-keislaman-tema-kupi-mendatang/