Forum Kongres Ulama Perempuan Indonesia (KUPI) digelar di Cirebon, Jawa Barat. Acara konsolidasi ulama perempuan itu digelar selama tiga hari, 25-27 April 2017.

Salah satu delegasi dari Pondok Pesantren Mathla’ul Anwar Li Nahdlatul Ulama (Malnu) Pusat Menes, Kabupaten Pandeglang, E. Ervi Siti Zahroh yang juga putri dari KH. Zidni Ma’ani mengungkapkan, pertemuan ulama perempuan tersebut guna membahas isu-isu kesejahteraan dan perlindungan perempuan.

“Forum ini adalah forum pertama bagi konsolidasi ulama perempuan, kehadiran kami disini merupakan ikhtiar dalam menjawab isu-isu kesejahteraan, perlindungan perempuan dan isu-isu keislaman,” ujar Ervi, Selasa 25 April 2017.

Cucu dari KH. TB. Ma’ani Rusjdi itu menegaskan bahwa keberadaan ulama perempuan itu adalah nyata dan selalu hadir dalam setiap problem keumatan.

“Dan inilah waktu dimana semua komponen bangsa harus mengakui sekaligus memberikan apresiasi atas setiap ikhtiyar dan langkah kongkrit yang telah ditampilkan,” tegasnya.

Dengan kongres ulama perempuan, Ia berharap bahwa peran strategis ulama perempuan dapat menjalankan segala aktivitas dan khitahnya sebagai manusia untuk menyelesaikan masalah sosial agama di masyarakat.

“Dengan tanpa kehilangan jati diri dan kodratnya sebagai seorang ibu. Semoga ikhtiar kami selalu mendapat ridlo dari Allah SWT,” harapnya.

 

Sumber: http://www.matahationline.com/berita-cirebon-jadi-tuan-rumah-kongres-ulama-perempuan-indonesia-kupi.html